SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 18 Januari 2012

10 Tempat Kursus Gratis Desain Web Online




Desain Web tidak lagi menjadi kemampuan segelintir kelompok orang saja, tetapi di masa depan nantinya pengetahuan tentang desain web akan sangat diperlukan oleh semua orang. Banyak yang bisa kita lakukan dengan kemampuan desain web ini, salah satunya adalah mengkustomisasi sendiri blog atau membuat web pribadi, selain itu web bisa menjadi media apa saja termasuk pemberitaan, media organisasi, bahan pekerjaan dan lain sebagainya.

Berikut kursus-kursus terbuka online dimana anda dapat belajar tentang desain web ini secara gratis.

1. Java Programming Course (fhda.edu)
http://sofia.fhda.edu/gallery/java/

Program Sophia (Sharing of Free Intellectual Assets) ini menyediakan program kursus programming java, dimana bahan-bahan kursus yang diberikan, disusun dan dibuat oleh Professor Stephen Gilbert of Orange Coast College. Kursus ini berlangsung 6 minggu secara online, tiap minggunya kira-kira dapat menghabiskan 13 jam atau sekitar 2 jam per hari untuk material kursus yang diberikan. Namun jika anda seorang yang quick learner, mungkin hanya beberapa menit saja setiap harinya. Tidak ada instuktor/pengajar disini, tetapi ada tugas rumah dan test yang anda harus lakukan. setelah anda menyelesaikannya, anda akan mendapat sertifikat keterangan bahwa telah menyelesaikan kursus programming java.

2. W3Schools
http://w3schools.com

Disini anda akan menemukan tiga macam kursus utama yaitu
Basic HtML Tutorials: http://www.w3schools.com/html/default.asp
JavaScript Tutorials: http://www.w3schools.com/js/default.asp
Flash Tutorials: http://www.w3schools.com/flash/default.asp

W3Schools ini memiliki lebih dari 50 kursus desain web yang mudah diikuti dan diakses. Tutorial-tutorial ini mencakup segala hal mulai dari HTML dasar hingga flash dengan berbagai contoh yang bisa di cut-paste ke editor html anda. Jika anda telah selesai belajar, anda bisa mengetes skill anda sendiri dengan kuis dan ujian. Selain itu anda bisa menggunakan sertifikat w3schools ini sebagai syarat desain web berbagai perusahaan besar.

3. University of washington
http://www.washington.edu/doit/Video/www.html

Kursus video yang bisa diakses umum tentang desain web ini disediakan oleh Universitas Washington. Pengajarannya berupa membuat website yang berdurasi 11 menit, tetapi disertai oleh sumber-sumber lain yang menyediakan informasi tambahan.

4. TutorialOutpost
http://tutorialoutpost.com

Disini ada 4 kursus utama yang bisa anda telusuri
Photoshop Tutorials: http://tutorialoutpost.com/tutorials/photoshop/
3D Studio Max Tutorials: http://tutorialoutpost.com/tutorials/3d-studio-max/
Illustrator Tutorials: http://tutorialoutpost.com/tutorials/illustrator/
Flash Tutorials: http://tutorialoutpost.com/tutorials/flash/

Tutorial Outpost ini memiliki banyak sekali tutorial untuk desainer web. Bahan belajar baru ditambahkan setiap jamnya dan semua bisa anda baca gratis.

5. About.com Web Design Courses
http://webdesign.about.com/c/ec/75.htm

Desainer web ahli Jennifer Kyrnin menyediakan kursus gratis desain web dan html mingguan di About.com ini. Kursus ini akan dikirimkan ke e-mail anda hingga beberapa minggu. Namun jika anda ingin belajar lebih cepat, anda bisa ikut dalam kursus harian.

6. Wikiversity Web Design Learning Project
http://wikiversity.org

Disini ada tiga kursus utama dan penting yang perlu anda ikuti
Build A Small Website: http://en.wikiversity.org/wiki/Build_a_small_website
Introduction To JavaScript Programming: http://en.wikiversity.org/wiki/Web_Design/An_Introduction_to_Programming_with_Javascript
Create Dynemic Websites with PHP: http://en.wikiversity.org/wiki/Dynamic_websites_with_PHP

Wikiversity ini memiliki banyak sekali topik tentang bagaimana bekerjanya banyak hal pada web, yang sangat menarik bagi desainer web semua level. Anda bisa mendapatkan materi belajarnya dan belajar mulai pemula hingga akhir, yang perlu anda lakukan adalah menentukan dimana anda memulai pelajaran.

7. CBT Cafe Web Based Software Training
http://cbtcafe.com

Photoshop Courses: http://www.cbtcafe.com/photoshop/index.htm
Dreamweaver Courses: http://www.cbtcafe.com/dreamweaver/index.htm
Fireworks Courses: http://www.cbtcafe.com/fireworks/index.html

Tempat ini memiliki banyak sumber-sumber untuk desainer web yang membutuhkan belajar mengenai software program editor web. Tutorialnya melingkupi program-program populer seperti DreamWeaver, FireWorks dan Photoshop. Anda bisa belajar gratis dan juga tersedia video tutorial yang bisa anda download dan tonton dengan QuikTime atau Flash Player.

8. Academy of Web Design Courses
http://www.awdsf.com/free-sample.htm

Tempat kursus online desain web ini memiliki banyak kursus yang kebanyakan berbayar, tetapi meskipun begitu, anda bisa mendapatkan sampel kursus yang dikirimkan ke alamat email anda. Kursus ini berdurasi 46 menit dan mencakup semua dasar HTML.

9. Onur's Online Web Design Course
http://www.online-web-design-course.com/lessons.htm

Onur ini memiliki lebih dari 12 kursus lengkap desain web dan 21 sub-kursus. Kebanyakan ini adalah untuk pemula tetapi juga ada kursus untuk yang sudah memahami. Selain itu ada juga beberapa saran desain web gratis.

10. HyperGurl's Free flash Tutorials
http://www.hypergurl.com/blog/flash/free-flash-tutorials.html

Situs ini memiliki banyak koleksi tutorial flash untuk desainer web yang ingin belajar tentang animasi keseluruhan. Tutorial ini mencakup dari level pemula hingga ahli dan juga tersedia dalam format video.

DICOPY PASTE DARI: HIMSISFO FORUM


Semoga artikel 10 Tempat Kursus Gratis Desain Web Online bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel 10 Tempat Kursus Gratis Desain Web Online ini, like dan bagikan ketemanmu.

toko bunga purwokerto mengatakan... On 29 Maret 2013 pukul 21.57  

langsung ke TKP

Klik Di Sini mengatakan... On 2 Juni 2013 pukul 05.15  

terimakasih, saya memang ingin mempelajari desain, kalau gratis kan enak :-)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan