SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 24 Maret 2012

Pengertian Text Recounts Serta Contohnya

Assalamualaikum Wr.Wb.

Recount Text
Panas banget nih hari ini, dari pada panas-panasan mending cobain ini deh rasa jelukk hahahah,... tapi pakek jaket dulu yah (Korban iklan ) canda gan. Kali ini di hari yang panas saya cuman mau curhat karena saya baru saja membaca buku yang didalamnya ada sebuah pengetahuan yang menarik yang membuat saya ingin mengshare nya aja deh biar jadi pahala. Ya sebelumnya jika saya menshare tentang dunia seputar internet , kali ini saya akan membahas tentang Pengertian text recounts dan contohnya, Ya, pasti jika kita sudah pernah duduk di bangku SMP pasti tau donk apa itu texet recounts.

texet recounts adalah text yang biasanya menceritakan kembali suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu. Biasanya texet recounts diambil dari pengalaman pribadi yang kemudian ditulis menjadi karangan sehingga membentuk Text itu sendiri.

Dan berikutlah struktur yang dimiliki oleh texet recounts:
  • Orientation (Orientasi) : Berisi pendahuluan tentang peristiwa yang dialami, tokoh yang berada dalam peristiwa tersebut, tempat dimana peristiwa itu terjadi, serta waktu ,kapan kejadian/peristiwa itu terjadi.
  • Events                           : Berisi jalinan peristiwa/kejadian yang ada dalam cerita pengalaman tersebut. Bagian ini biasanya terdiri atas beberapa Events/ Peristiwa
  • Re-orientation             : Berisi tentang rangkuman / penutup cerita.

Dan berikut adalah Citi-ciri yang dimiliki oleh Text recounts:
Menggunakan past tense ,
Menggunakan kata hubung (conjunction) misalnya : then, before after, dll 





Dan inilah yang ditunggu-tunggu yaitu contoh dari text recounts:

Last Friday, a friend of mine asked me to accompany him to buy a new T-shirt at a departement store. We leaft home at 03.00 pm. by motorcycle. As soon as we arrived there, we went to the clothes section. I let him choose one. An hour later, i got bored watching him confused in choosing a shirt. So i leaft him and went to cassette counter. Thirty minutes later, i went to back to the clothes section but i couldn't find him there. My cell phone was broken so i couldn't call him. went to the pasrking area. i saw his motorcycle was there but, i couldn't find him a few moments then finally i gave up and decided to go home.

Dan berikut contoh soal untuk bacaan di atas:

1.The text tell is about?
  a. an embarrasing day                                   c. shopping with mother
  b. the writer and his friend                             d. My friend and his motorcycle


2.The writer couldn'y contact his friend because....
  a. he went home alone                                   c. his cell phone was broken
  b. he was in parking area                               d. his friend wass still choosing a shirt

semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amindd :)




Semoga artikel Pengertian Text Recounts Serta Contohnya bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Pengertian Text Recounts Serta Contohnya ini, like dan bagikan ketemanmu.

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan