SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 15 Maret 2012

Pengertian Text Report serta contohnya

Assalamualaikum Wr.Wb.
Sudah beberapa lama nggak update blog ini jadi pengen update dan bagi-bagi pengetahuan seputar pendidikan khususnya di jennjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) . Kai ini saya akan menginformasikan tentang Text Report beserta contohnya.

Jika sebelumnyaartikel tentang cara mendekati wanita yang di idamkan yang masih berkaitan dengan percintaan anak muda hehehe, kali ini ingin bertaubat menuju ke pelajaran he he he. Langsung aja dah gak usah pakek lama.

Text Report adalah text yang bertujuan untuk mendeskripsikan sesuatu pada umumnya (Decribe something in general), yang meliputi: berbagai benda/ hal yang biasanya berada di alam / hal yang dibuat manusia , dan text ini berisi fenomena sosial yang ada/ terjadi di sekitar kita.Text Report berisi serangkaian fakta yang logis, tanpa ada keterlibatan pribadi (si penulis ) untuk mengembangkan Text Report.
Dan berikut adalah struktur dari Text Report:
  1. General Classification (klasifikasi umum ). Berisi pengantar tentang sesuatu / fenomena yang akan di bahas, biasanya struktur ini berada di awal paragraf Text Report.
  2. Description ( deskripsi). Berisi menerangkan sesuatu/ fenomena yang dibahas biasanya meliputi bagian-bagian yang dibahas, perilaku, makanan, sampai tingkah laku.
Ciri-ciri Text Report:  
Text Report menggunakan simple present tense, keculai apabila yang dibahas itu sudah punah menggunakan past tense.

Dan berikut contoh Text Report:
The Blue Whale



The Blue Whale is largest whale and the largest living creature on Earth. Blue Whales were hunted a lot for oil,ballen,meat, and other products from the 1930s to 1960s. This hunting almost caused the extinction of the species. They are now protected and may gradually be returning in several areas. (Definition/General classification)



Blue Whales are mainly found in very could waters, like the Arctis and Antartic Waters.They migrate to the tropics in the Winter and to the Arctic and Antartic in the Summer. (Habitat)

Blue Whales car reach over 24 m (80ft) long; mature fermales are usually a bit longer than matur males. They weight between 87.500-142.500 kg. They skin has light grey and white spotty pattern. (Anatomy)


Blue Whales feed by opening its mouth into dense group off small sea creatures like plankton, krill or fish (Diet)

Blue Whale are mammals. They give birth once every two or three years. Matiing occurs during the summer season, and they give birth after about 11 month. The calf nurse for seven or eight months and gain  weight about 90 kg (200 lb) per day. (Reproduction)




Semoga artikel Pengertian Text Report serta contohnya bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Pengertian Text Report serta contohnya ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan