SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 04 November 2012

Tugas TIK SMA N 2 Batang |Versi 2


Tugas TIK SMA N 2 Batang |Versi 2

PENGERTIAN ETIKA
Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan.
Arti dari bentuk jamak inilah yang melatar-belakangi terbentuknya istilah Etika yang oleh Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Jadi, secara etimologis (asal usul kata), etika mempunyai arti yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan (K.Bertens, 2000).
 Dalam Kamus Bahasa Indonesia yang lama (Poerwadarminta, sejak 1953 – mengutip dari Bertens,2000), etika mempunyai arti sebagai : “ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral)”. Sedangkan kata ‘etika’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang baru (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1988 – mengutip dari Bertens 2000), mempunyai arti :
1. ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban           moral (akhlak)
2. kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak
3. nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat..
K. Bertens berpendapat bahwa arti kata ‘etika’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut dapat lebih dipertajam dan susunan atau urutannya lebih baik dibalik, karena arti kata ke-3 lebih mendasar daripada arti kata ke-1. Sehingga arti dan susunannya menjadi seperti berikut :
1. nilai dan norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
Misalnya, jika orang berbicara tentang etika orang Jawa, etika agama Budha, etika Protestan dan sebagainya, maka yang dimaksudkan etika di sini bukan etika sebagai ilmu melainkan etika sebagai sistem nilai. Sistem nilai ini bisaberfungsi dalam hidup manusia perorangan maupun pada taraf sosial.
2. kumpulan asas atau nilai moral.Yang dimaksud di sini adalah kode etik. Contoh : Kode Etik Jurnalistik
3. ilmu tentang yang baik atau buruk.
Etika baru menjadi ilmu bila kemungkinan-kemungkinan etis (asas-asas dan nilai-nilai tentang yang dianggap baik dan buruk) yang begitu saja diterima dalam suatu masyarakat dan sering kali tanpa disadari menjadi bahan refleksi bagi suatu penelitian sistematis dan metodis. Etika di sini sama artinya dengan filsafat moral.

PENGERTIAN MORAL

Istilah Moral berasal dari bahasa Latin. Bentuk tunggal kata ‘moral’ yaitu mos sedangkan bentuk jamaknya yaitu mores yang masing-masing mempunyai arti yang sama yaitu kebiasaan, adat. Bila kita membandingkan dengan arti kata ‘etika’, maka secara etimologis, kata ’etika’ sama dengan kata ‘moral’ karena kedua kata tersebut sama-sama mempunyai arti yaitu kebiasaan,adat. Dengan kata lain, kalau arti kata ’moral’ sama dengankata ‘etika’, maka rumusan arti kata ‘moral’ adalah nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Sedangkan yang membedakan hanya bahasa asalnya saja yaitu ‘etika’ dari bahasa Yunani dan ‘moral’ dari bahasa Latin.
Etika dalam Penggunaan TIK

             1.Pengertian Etika Dalam penggunaan TIK Etika (ethic) bermakna sekumpulan azas atau nilai yangberkenaan dengan akhlak, tata cara (adat, sopan santun) mengenaibenar salah tentang hak dan kewajiban yang di anut oleh suatugolongan atau masyarakat .TIK dalam kontek yang lebih luas,merangkum semua aspek yang berhubungan dengan mesin(computer dan telekomunikasi) dan teknik yang digunakan untukmenangkap (mengumpulkan), meyimpam, memanipulasi,menghantarkan dan menampilkan suatu bentuk informasi.komputer yang mengendalikan semua bentuk ide dan informasimemainkan peranan penting dalam pengumpulan, penrosesan,penyimpanan dan penyebaran informasi suara, gambar, teks danangka yang berasaskan mikroelektronik. Teknologi informasibermakna menggabungkan bidang teknologi seperti komputer,telekomunikasi dan elektronik dan bidang informasi seperti data,fakta dan proses.Untuk menerapkan etika TIK di perlukan terlebih dahulumengenal dan memaknai prinsip yang terkandung di dalam TIK diantaranya adalah :

 
1.tujuan teknologi informasi :memberikan kepada manusia untukmenyelesaikan masalah, menghasilkan kreatifitas, membuatmanusia lebih berkaria jika tanpa menggunakan teknologiinformasi dan aktivitasnya.2.Prinsip High–tech–high– touch :jangan memiliki ketergantunganterhadap teknologi tercanggih tetapi lebih penting adalahmeninggkatkan kemampuan aspek “high touch “ yaitu“manusia” .3.Sesuaikan tenologi informasi terhadap manusia : seharusnyateknologi informasi dapat mendukung segala aktivitas manusiayang harus menyesuaikan teknologi informasi .1.Etika dalam penggunaan TIK Dalam beberapa aspek TIK ada kaitan erat dengan etikaprofesi, keterhubungan tersebut terutama dalam memahami danmenghormati budaya kerja yang ada, memahami profesi dan jabatan, memahami peraturan perusahaan dan organisasi , danmemahami hukum . Etika profesi yang juga harus di pahami adalahkode etik dalam bidang TIK , di manapun pengguna harus mampumemilih sebuah program ataupun software yang akan merekagunakan apakah legal atau ilegal, karena program atau sistemoperasi apapun di gunakan selalu ada aturan penggunaan ataulicense agreement . Terkait dengan bidang hukum, maka pengguna harusmengetahui undang–undang yang membahas tentang HAKI (hakatas kekayaan intelektual) dan pasal–pasal yang membahas hal

 
tersebut. Hukum Hakcipta Bertujuan melindungi hak pembuatdalam mendistribusikan, menjual, atau membuat turunan dari karyatersebut. Pelindungan yang di dapatkan oleh pembuat (author)perlindungan terhadap penjiplakan (plagiat) oleh orang lain .hakcipta sering di asosiasikan sebagai jual beli lisensi, namun distribusihak cipta tersebut tidak hanya dalam konteks jual beli , sebab bisasaja seorang pembuat karya membuat pernyataan bahwa hasilkaryanya bebas si pakai dan di distribusikan dan redistribusimengacu pada aturan open source.
A.
Etika TIK Dalam Pendidikan


Semoga artikel Tugas TIK SMA N 2 Batang |Versi 2 bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Tugas TIK SMA N 2 Batang |Versi 2 ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan