SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 04 Mei 2013

Tips dan Cara Pemasangan Water heater

Water heater atau pemanas air adalah alat atau mesin pemanas untuk kebutuhan rumah tangga khususnya untuk mandi. Untuk pemasangannya bisa dilakukan sendiri tanpa harus memakai jasa teknisi. Dengan memasang sendiri anda bisa menghemat biaya pemasangan. Untuk Jasa Pemasangan Water heater rata rata 200-350 ribu per pemasangan. Oleh karena itu saya memberikan tips berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan.
Untuk memasang Water Heater (Pemanas Air) listrik yang perlu diperhatikan adalah :

  • Instalasi pipa air, sebelum pemasangan pemanas air tentunya kita sudah menyiapkan instalasi pipa air untuk air panas dan air dingin atau saluran air biasa yang belum masuk ke pemanas air. Pipa yang dipakai untuk pemanas air tentunya harus pipa khusus yang tahan terhadap panas misalnya pipa PE atau Pipa yang paling tebal misal pipa pvc merk Rucika. dibawah ini adalah contoh pemasangan yang belum ada instalasi pipa yang tertanam sebelumnya sehingga dipasang diluar.
     
  • Kran panas dingin memiliki 2 lubang dan jarak antara lubang adalah 15.5cm jadi pasanglah sok drat krannya dengan jarak 15.5cm. 
  • Pasanglah alat water heater minimal 1.5m dari lantai agar mudah dalam pemasangannya dan terhindar dari cipratan air mandi yang bisa masuk ke dalam water heater.
  • Pasang saluran air panas water heater ke pipa air panas dengan menggunakan fleksibel.
  • Pasang saluran air dingin water heater ke saluran air dan kran dengan memakai fitting tee. untuk jelasnya lihat gambar skema pemasangan water heater dibawah ini,
    Skema pemasangan water heater (sumber foto : www.ferroli-indonesia.com)
Untuk pemasangan pemanas air dengan sumber tenaga dari gas pada dasarnya sama hanya saja yang perlu diperhatikan adalah penempatan tabung gas harus diluar di udara terbuka agar apabila ada kebocoran tidak berbahaya untuk kita. Demikianlah tips juga cara pemasangan water heater, semoga bermanfaat.

Artikel terkait:
Tips cara merawat water heater
Harga Pemanas Air Wika Systen AC
Harga Pemanas Air merk Ariston
Daftar Supplier Water heater

Semoga artikel Tips dan Cara Pemasangan Water heater bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Tips dan Cara Pemasangan Water heater ini, like dan bagikan ketemanmu.

Anonim mengatakan... On 30 Agustus 2014 pukul 17.17  

pak, kami coba pasang water heater sendiri merk ariston kendalanya setelah dipasang valve di selang input kenapa masih ada yang menetes sedangkan sudah dikecangkan sekali dan dipakaikan isolasi putihnya tetapi tidak berhasil juga

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan