SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 12 April 2012

KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ?

Bapak Dosen UNISRI,SUHARNO

Menciptakan sesuatu yang berbeda  memang sangat penting apalagi dalam sebuah produk atau layanan . Dengan menciptakan yang berbeda, maka produk dan  layanan kita , nama perusahaan kita akan menancap dibenak customer kita. Namun sering kali kita belum sepenuhnya melakukan perbedaan tersebut,bahkan kadang baru sekedar menyatakan dalam slogan atau jargon-jargon semata. Tapi tidak bisa menjelaskan kepada masyarakat tentang apa yang berbeda dengan yang kita produk tersebut . Dan letak Bedanya dimana ?

Wirausahawan budiman. jika Anda pernah berbelanja  ke toko Amigo. Sebuah Toko busana, sepatu dan produk fashion lainnya. Memiliki sejumlah cara unik dalam menciptakan perbedaan layanan mereka. Pak Edy, bos Amigo menciptakan positioning statement atau slogan yang sangat cerdas. " PELAYANAN KAMI JELAS BEDA, BEDA JELAS ". Beliau ingin menciptakan perbedaan yang tidak sekedar berbeda. Lalu dimana bedanya ?


Bila anda  ingin mengetahui lebih jauh , Sekali waktu luangkan waktu Anda. berbelanjalah  ke toko Amigo. Toko Amigo tersebar di wilayah Solo Raya dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bedanya apa Amigo dengan toko-toko fashion store lainnya ? Oh, bedanya sangat jelas ! Begitu anda masuk. Anda akan melihat kostum pramuniaganya nyeleneh nulayani ngadat . Menggunakan kostum yang tidak biasa. Pakaian tradisional, kejawen atau pakaian tradisi dari daerah lain. Arsitekur bangunan juga beda. Menggunakan arsitektur yang unik, demikian pula tata interiror ruangan toko ini.

Pelayanan di toko Amigo ini  juga sangat khas. Diberbagai sudut toko,kita  akan melihat berbagai  tulisan yang menggelitik. Hal-hal yang kelihatannya  sepele dikomunikasikan kepada customer  dalam bentuk tulisan yang unik dan lucu. Coba simak tulisan ini. Kawulo brayat ageng Amigo Group nyadhong dawuh bilih penjenengan ngeresakaken bantuan darah. Atau yang ini. Menawi celananipun kepanjangen saged dipun potong wonten mriki gratis.Kita tahu layanan ini bisa kita dapatkan ditempat lain ,akan tetapi Amigo mengekspresikannya dengan cara yang sangat berbeda bukan ..??

Luar biasa bukan apa yang dilakukan oleh Amigo ? Sesuatu yang  kecil akan tetapi membuat perbedaan besar. Bukan  hanya itu. Konsep yang ditawarkan Amigo  jelas beda, beda jelas diwujudkan dalam bentuk promosi yang nyeleneh dan nyolo-wadhi . Setiap melakukan promosi mereka berani tampil beda. Menggunakan atribut pakaian tokoh pewayangan, kethoprak dan sejenisnya.

Sales promotion Amigo  menggunakan pendekatan bahasa dengan kalimat-kalimat yang ngrangkul. Mudah diingat dan mudah dimengerti . Coba anda dengarkan kalimat berikut ini. Bakdoku bakdomu, bakdo mobil. Saat lebaran melakukan undian hadiah dengan hadiah mobil. Bakdoku bakdomu, bakdo griyo. Hadiah undian lebaran berupa griyo atau rumah.

Itulah salah satu kunci keberhasilan Amigo. Menciptakan slogan dan menjalankannya secara  konsisten. Menciptakan sebuah layanan berbeda  yang terkonsep dan terarah . Tidak sekedar abang-abang lambe atau lip service saja. Tidak mengherankan Amigo berkembang menakjubkan. Bayangkan saat berdiri tahun 1976, toko Amigo memiliki luas hanya 35 m2 dengan dua orang karyawan. Sekarang cabang dimana-mana dengan ratusan karyawan jumlahnya .

Bagaimana dengan Anda. Siapkah menciptakan perbedaan bukan hanya sekedar konsep dibibir saja akan tetapi juga siap dengan konsistensi dalam penerapan ? 

Mulai April 2012 ini,kami akan memunculkan Rubrik yang dahsyat buat anda sekalian,Yakni tentang Enterpreneurship,Yang diasuh Langsung Oleh Bapak Suharno,Dosen Pascasarjana UNISRI Solo,Oleh karenanya jangan sampai ketinggalan tiap edisinya,di Kategory " ENTERPRENEURSHIP KIAT SUHARNO"



Semoga artikel KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ? bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ? ini, like dan bagikan ketemanmu.

beli foredi mengatakan... On 22 Mei 2013 pukul 01.48  

kalau ke jogya nanti mau coba berkunjung kesana..alamat lengkapnya dimana ya?

hotbis, klik disini mengatakan... On 28 Oktober 2013 pukul 07.54  

mantap artikelnya,makasih

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan