KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ?
Bapak Dosen UNISRI,SUHARNO |
Menciptakan sesuatu yang berbeda memang sangat penting apalagi dalam sebuah produk atau layanan . Dengan menciptakan yang berbeda, maka produk dan layanan kita , nama perusahaan kita akan menancap dibenak customer kita. Namun sering kali kita belum sepenuhnya melakukan perbedaan tersebut,bahkan kadang baru sekedar menyatakan dalam slogan atau jargon-jargon semata. Tapi tidak bisa menjelaskan kepada masyarakat tentang apa yang berbeda dengan yang kita produk tersebut . Dan letak Bedanya dimana ?
Wirausahawan budiman. jika Anda pernah berbelanja ke toko Amigo. Sebuah Toko busana, sepatu dan
produk fashion lainnya. Memiliki sejumlah cara unik dalam menciptakan perbedaan layanan mereka. Pak
Edy, bos Amigo menciptakan positioning statement atau slogan yang sangat cerdas. " PELAYANAN KAMI JELAS BEDA, BEDA JELAS ". Beliau ingin menciptakan perbedaan yang tidak sekedar berbeda. Lalu dimana bedanya ?
Bila anda ingin mengetahui lebih jauh , Sekali waktu luangkan waktu Anda. berbelanjalah ke toko
Amigo. Toko Amigo tersebar di wilayah Solo Raya dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Bedanya apa Amigo dengan toko-toko fashion store lainnya ? Oh, bedanya sangat jelas !
Begitu anda masuk. Anda akan melihat kostum pramuniaganya nyeleneh nulayani ngadat .
Menggunakan kostum yang tidak biasa. Pakaian tradisional, kejawen atau
pakaian tradisi dari daerah lain. Arsitekur bangunan juga beda.
Menggunakan arsitektur yang unik, demikian pula tata interiror ruangan toko ini.
Pelayanan di toko Amigo ini juga sangat khas. Diberbagai sudut toko,kita akan melihat berbagai
tulisan yang menggelitik. Hal-hal yang kelihatannya sepele dikomunikasikan
kepada customer dalam bentuk tulisan yang unik dan lucu. Coba simak tulisan ini.
Kawulo brayat ageng Amigo Group nyadhong dawuh bilih penjenengan
ngeresakaken bantuan darah. Atau yang ini. Menawi celananipun
kepanjangen saged dipun potong wonten mriki gratis.Kita tahu layanan ini bisa kita dapatkan ditempat lain ,akan tetapi Amigo mengekspresikannya dengan cara yang sangat berbeda bukan ..??
Luar biasa bukan apa yang dilakukan oleh Amigo ? Sesuatu yang kecil akan tetapi membuat perbedaan besar. Bukan hanya itu.
Konsep yang ditawarkan Amigo jelas beda, beda jelas diwujudkan dalam bentuk promosi yang
nyeleneh dan nyolo-wadhi . Setiap melakukan promosi mereka berani tampil beda. Menggunakan atribut
pakaian tokoh pewayangan, kethoprak dan sejenisnya.
Sales promotion Amigo menggunakan pendekatan bahasa dengan kalimat-kalimat
yang ngrangkul. Mudah diingat dan mudah dimengerti . Coba anda dengarkan kalimat berikut ini. Bakdoku bakdomu, bakdo mobil. Saat lebaran melakukan undian hadiah dengan hadiah mobil. Bakdoku bakdomu, bakdo griyo. Hadiah undian lebaran berupa griyo atau rumah.
Itulah salah satu kunci keberhasilan Amigo. Menciptakan slogan dan menjalankannya secara
konsisten. Menciptakan sebuah layanan berbeda yang terkonsep dan terarah . Tidak sekedar abang-abang lambe atau lip service saja.
Tidak mengherankan Amigo berkembang menakjubkan. Bayangkan saat berdiri
tahun 1976, toko Amigo memiliki luas hanya 35 m2 dengan dua orang karyawan.
Sekarang cabang dimana-mana dengan ratusan karyawan jumlahnya .
Bagaimana dengan Anda. Siapkah menciptakan perbedaan bukan hanya sekedar konsep dibibir saja akan tetapi juga siap dengan konsistensi dalam penerapan ?
Mulai April 2012 ini,kami akan memunculkan Rubrik yang dahsyat buat anda sekalian,Yakni tentang Enterpreneurship,Yang diasuh Langsung Oleh Bapak Suharno,Dosen Pascasarjana UNISRI Solo,Oleh karenanya jangan sampai ketinggalan tiap edisinya,di Kategory " ENTERPRENEURSHIP KIAT SUHARNO"
Semoga artikel KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ? bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel KAMI MEMANG BEDA, BEDANYA DIMANA ? ini, like dan bagikan ketemanmu.
kalau ke jogya nanti mau coba berkunjung kesana..alamat lengkapnya dimana ya?
mantap artikelnya,makasih
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...