SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 22 April 2013

Cara menghitung kebutuhan batu bata untuk bangunan

Cara menghitung kebutuhan bata untuk bangunan rumah atau gedung perlu anda ketahui apalagi sebagai tukang bangunan hal ini menjadi kebutuhan atau ilmu yang harus dimiliki agar perhitungan dalam membeli material tidak kurang maupun tidak lebih dalam arti pas sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak menjadi tambahan biaya yang tidak perlu. Untuk menghitungnya tentunya anda harus mengetahui rumus luas. Dalam hal ini luas bangunan.


Misal tinggi dinding bangunan adalah 3 meter, dan lebarnya adalah 5 meter. maka luasnya sama dengan panjang kali lebar atau tinggi kali lebar 3x5=15m2. Dinding bangunan misalkan akan memakai bata merah dengan ukuran 22x10x5 atau yang suka disebut Bata Merah Jumbo. Spesi mortar atau jarak antar bata kesamping dan ke atas = 2cm. Maka perhitungannya adalah 0.24m x 0.07m (satuan diubah dalam ukuran meter)
= 0.0168 meter persegi
Berarti jumlah bata merah yang dibutuhkan untuk 1m2 adalah  1 : 0.0168
= 59.5 bh / m2
Jadi untuk bangunan dinding seluas 15 m2 adalah 15x59.5=892.5 bh bata merah.
Nah, sekarang tentunya anda sudah paham bukan? Untuk menghitung keseluruhan bangunan anda tinggal mengalikan jumlah dinding bangunan dikurangi jumlah lubang pintu atau jendela. Sampai disini paparan cara menghitung kebutuhan bata untuk bangunan. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait: 
Harga Batu Bata


Semoga artikel Cara menghitung kebutuhan batu bata untuk bangunan bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Cara menghitung kebutuhan batu bata untuk bangunan ini, like dan bagikan ketemanmu.

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan