SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 19 Maret 2012

Bahaya radiasi dari telepon dan cara pencegahannya

Assalamualaikum Wr. Wb.
Dari pada bingung mau ngapain di hari-hari yang padat gini mendingan baca artikel ini dulu deh, dijamin pasti kaget. Jika sebelumnya saya memposting GENERASI KUTU FACEBOOK, yang mungkin saja bisa memberi pengetahuan pada anda. Penasaran ya saya mau posting apa? he he he....
ayo deh gak usah pakek lama, langsung menuju ke TKP. (Tempat Kejar Pengnjung) hehehe..

Di jaman modern ini, handphone bukan barang asing lagi. Tidak peduli dari mana kalangan yang menggunakannnya. Dari dewasa, remaja , tua bahkan sampai anak-anak. Bagi kalangan dewasa, handphone biasa dipakai sebatas untuk menunjang aktivitasnya, tapi bagi remaja dan anak-anak? Mereka menggunakannya hampir di setiap waktunya. Tidak menyadari dan mungkin tidak tahu tentang adanya bahaya radiasi yang siap mengintainya. Ya kali ini saya akan memposting tentang Bahaya radiasi dari telepon dan cara pencegahannya.

Beberapa penelitian mengatakan radiasi handphone/ ponsel bisa mengakibatkan penyakit serius seperti kanker atau gangguan otak tertentu. Disamping itu efek dari radiasi yang dihasilkan dari elektromagnetik pada manusia juga dapat mengakibatkan dampak seperti :
  1. Memanaskan otak dan kulit, 
  2. sakit kepala, 
  3. pusing-pusing
  4. penyakit Alzheimer
  5. Multiple Sclerosis & Parkinson
  6. jantung dan batu ginjal
  7. bayi cacat
  8. kerusakan system pertahanan tubuh dan DNA serta peningkatan tekanan darah
 So, Gunakanlah handphone dengan seperlunya saja dan jangan sampai terlalu lama menggunakannya. Dan berikut beberapa cara pencegahannya :
  • Batasi pemakaian hp/ponsel, hanya panggilan penting dan bicaralah dengan singkat. Jika anda memang inin melakukan panggilan yang mungkin lama saya sarankan untuk memakai handsfree, headset, earphone atau speakerphone.
  • Untuk panggilan lama, sebaiknya anda menggunakan telepon yang berkabel/ telepon rumah agar lebih aman.
  • Anak-anak di bawah umur sebaiknya menggunakan  handphone dalam keadaan mendesak (darurat) saja, Dalam taraf perkembangan bahaya radiasi bisa bertambah parah.
  • Jika tanpa handfree, tunggulah sampai panggilan benar-benar tersambung( terkoneksi ) sebelum menaruh ponsel ke telinga untuk melakukan pembicaraan.
  • Minimalisir pemakaian ponsel di ruang tertutup dengan bahan-bahan logam atau baja, misalnya di dalam mobil. Dalam ruang seperti itu, ponsel harus bekerja keras menstabilkan koneksi sehingga radiasi meninggi. Selain itu, ada kemungkinan radiasi memantul kembali ke pengguna ruangan yang didominasi bahan dari baja.
  • Jauhkan ponsel/ hp yang aktif dari tempat tidur. Saat tidur, jangan letakkan handphone terlalu dekat dengan tempat tidur untuk menghindari paparan radiasi terus-menerus di tempat yang sama.
  • Belilah ponsel denga level SAR (Specific Absorbtion Rate) yang rendah, dibawah1,6 watt/kg. Semakin rendah SAR, semakin baik untuk meminimalisir radiasi. Untuk informasi tentang SAR, carilah di mbah Google :P hehe
  • Dan ini yang mungkin penting, Jauhilah teman atau orang di sekitar kita yang sedang telepon ria dalam jangka waktu yang lama, agar kita terhindar dari radiasi tersebut (orang lain nelpon aja kena radiasi, Apalagi kita yang telpon-telponan sendiri?)
Teknologi adalah kemudahan, teknologi menawarkan kesukaan dan keasyikan. Tetapi, tanpa waspada dampaknya bisa Membahayakan si pengguna. Semoga tulisan ini berguna bagi kita semua sehingga mengingatkan kita semua untuk pandai menyikapinya.



Semoga artikel Bahaya radiasi dari telepon dan cara pencegahannya bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Bahaya radiasi dari telepon dan cara pencegahannya ini, like dan bagikan ketemanmu.

Unknown mengatakan... On 14 Desember 2013 pukul 06.33  

. Mantafff Gan.. :)

Unknown mengatakan... On 14 Desember 2013 pukul 06.33  

. Mantafff Gan.. :)

Unknown mengatakan... On 14 Desember 2013 pukul 06.34  

. Mantafff Gan.. :)

Unknown mengatakan... On 14 Desember 2013 pukul 06.34  

. Mantafff Gan.. :)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan