SERBA GRATISAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 21 Maret 2012

Penyebab Timbulnya Masalah Belajar

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hmmm... senang rasanya bisa update lagi di blog yang jelek ini, rasanya pinginnnn aja update blog ini dan ingin memberi tahu sedikit informasi. Jika sebelumnya saya membuat artikel tentang Bahaya radiasi telepon dan cara pencegahannya. Kali ini saya akan mengupdate sekitar dunia pendidikan karena memang saya sendiri masih bersekolah.

Kali ini saya akan membahas tentang Penyebab Timbulnya Masalah Belajar. Ya karena ini sangat penting untuk menunjang prestatasi siswa karena jika mempunyai banyak masalah pasti prestasinya akan menurun.
Belajar merupakan aktivitas yang berat sehingga membutuhkan kesiapan yang betul-betul baik dari fisik maupun mental.Ketika kita belajar, tidak lepas dari masalah-masalah dalam belajar. Misalnya lupa akan materi pelajaran dan kejenuhan belajar. Apa akibatnya kalian lupa dan jenuh dalam belajar itu? Mari kita cari apa masalahnya!

  1. Lupa Belajar
  • Lupa terjadi karena gangguan/ konflik yang sedang terjadi antara informasi dan materi yang ada pada sistem memori.
  • Adanya tekanan terhadap informasi yang telah ada, baik yang disengaja maupun tidak. Contoh: Informasi yang akan diulang/ diingat kembali itu tertekan alam bawah sadar      
  • Karena perubahan situasi dan lingkungan belajar anatara waktu belajar dan waktu mengingat kembali sehingga otak pun buyar.  
  • Dan ini yang paling banyak permasalahannya yaitu materi yang dihafal tidak pernah digunakan sehingga buyar begitu saja.           
    a).Kiat-kiat Mengurangi Lupa   
  • Tambah waktu belajar sehingga dalam menghafal kita tidak cepat lupa (biasanya digunakan di dalam pelajaran yang perlu menghafal.
  • Latihan yang banyak agar kita lebih bisa dalam menghadapi belajar dan tak mudah lupa misalnya dalam pelajaran matematika kita harus menghafal tapi harus banyak-banyak mengerjakan soal sehingga tidak mudah lupa akan rumusnya.
  • Belajar lebih/upaya belajar yang melebihi batas penguasaan / materi belajar.
  • Pengelompokan materi menjadi kelompok kecil-kecil logis dan mirip.

   2. Kejenuhan Dalam Belajar 
        Pasti setipa orang pernah mengalami hal seperti ini. Kejenuhan belajar secara harfiah ialah padat / penuh sehingga tidak tidak dapat lagi memuat apapun.Kejenuhan bagi siswa bisa terjadi karena rentang waktu digunakan untuk belajar tidak membuahkan hasil, dan sehingga seakan-akan pengetahuan dan kecakapan yang diperoleh dari belajar tidak ada kemajuan. Siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar, sistem akalnya tak dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan dalam proses informasi atau pengalaman baru, sehingga menghilangkan motivasi dalam belajar.  
  • cara mengatasinya dengan berhenti belajar sebentar dan refreshing untuk merilekskan fikiran supaya bisa otak bisa kompromi lagi dalam belajar.

dan mungkin masih banyak lagi penyebab-penyebab lain yang timbul dari berbagai hal yang mendasar.
semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua.


Semoga artikel Penyebab Timbulnya Masalah Belajar bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Penyebab Timbulnya Masalah Belajar ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...nyepam juga nggak papa..
nawarkan dagangan juga boleh...

SERBA GRATISAN - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template and Design By Resep Masakan